adsense youtube adalah

AdSense Youtube adalah bagian Youtube yang tidak boleh ketinggalan untuk kamu pelajari. Ketika kamu menonton Youtube, biasanya ada tayangan pembuka yang sama sekali tidak berkaitan dengan videonya. Tayangan tersebut mengandung unsur iklan atau promosi produk tertentu. Durasinya tidak panjang, mungkin hanya satu atau dua menit.

Tayangan berisi iklan tersebut ada yang bisa dilewati, namun ada pula yang tidak bisa, sehingga harus menunggu sampai selesai.

Lalu sebenarnya apa sih sebutan untuk iklan-iklan di Youtube tadi? Seberapa penting iklan untuk setiap tayangan Youtube? Fungsinya untuk apa? Dan Siapa yang diuntungkan dalam hal ini?[sociallocker]

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka kamu musti berkenalan dengan yang namanya AdSense.

Apa itu AdSense?

Adsense adalah Program periklanan Google yang khusus diperuntukan bagi Publisher!

AdSense merupakan iklan yang dikelola oleh Google Corporation. Bentuknya beraneka macam, ada yang text, gambar, video, atau campuran dari ketiganya.

Ada dua jenis AdSense yang familiar dimata masyarakat. Pertama, ada AdSense untuk website atau blog yang biasa disebut AdSense non hosted. Kedua,  AdSense untuk Youtube adalah blogspot yang disebut AdSense Hosted.

Pada website, AdSense akan menghasilkan uang bagi pemilik website apabila diklik oleh pengunjung. Berlaku juga untuk pengunjung blog. Namun bila pengunjung tidak melakukan klik pada iklan, otomatis pemilik website atau blog tidak mendapat pemasukan.

Lalu bagaimana dengan channel Youtube yang hendak dioptimasi dengan AdSense?

adsense youtube adalah

AdSense Youtube adalah iklan yang ditampilkan pada suatu video dengan durasi yang pendek. AdSense Youtube dapat menghasilkan uang bila diputar dalam jangka tertentu.

Youtube memiliki sistem yang lebih ramah AdSense daripada website. Dari AdSense, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan banyak bila memiliki channel yang sudah besar. AdSense yang ditonton lebih dari 30 detik akan dikonversikan menjadi pundi-pundi uang oleh Youtube dan akan masuk ke rekeningmu.

Masalahnya adalah, tidak semua penonton atau viewer bersedia bertahan selama 30 detik pada konten iklan tanpa melewatinya. Nilai AdSense di Indonesia juga dianggap lebih murah dibanding dengan negara lain dari segi per CPMnya (cost per milles).

Seperti diketahui, CPM adalah hitungan yang dibuat oleh pihak Youtube tentang jumlah uang yang bisa diterima pemilik channel per 1000 view pada video.

So, Apakah kamu kamu mulai ragu untuk memasang AdSense? Tunggu dulu, cobalah menengok channel-channel yang memiliki subscriber dan viewer yang banyak, apakah masih ada AdSense di dalamnya?

Ya, AdSense tetap ada di channel-channel tersebut. Kira-kira apa ya alasannya? Tentu saja penghasilan dari AdSense yang tidak sedikit. Hal ini didukung oleh fitur iklan pada AdSense yang tidak bisa dilewatkan oleh para viewer.

Hah, memangnya ada? Ada dong, jawabannya ada di bawah, baca sampai tuntas ya…

Mengapa Youtube AdSense penting?

Adsense tentunya sangat penting bagi para youtuber maupun blogger untuk tetap bisa memproduksi konten yang berkualitas. AdSense utamanya pada Youtube memberikan sokongan dana pada para creator dengan jumlah lumayan menggiurkan. Meskipun bagi para pemula hasilnya tidak seberapa, pendapatan dari AdSense mampu memberi penghiburan dan apresiasi atas karyanya.

Selain dari segi pendapatan, adanya AdSense juga bisa menjadi tolak ukur untuk channel yang mulai berkembang dan layak ditonton. Para viewer setidaknya akan menandai bahwa channel yang ada AdSensenya telah ditonton oleh banyak orang, dan tentunya layak juga untuk mereka tonton.

Di sisi lain, fungsi AdSense Youtube adalah untuk membantu mendapatkan promosi menarik dari barang yang barangkali diinginkan para viewer.

Oh iya, iklan-iklan yang isinya menarik diikuti kemungkinan besar tidak akan diskip oleh viewer. Iklan yang berisi drama, kisah lucu maupun informasi penting bisa membuat viewer tertarik untuk tidak mengeklik gambar “skip”.

Bagaimana Youtube AdSense Bekerja?

Cara kerja AdSense Youtube adalah dengan memanfaatkan cache dari pengguna untuk mencari tahu hal yang dibutuhkan pengguna. Cara kerja yang seperti itu, memungkinkan AdSense dapat menampilkan iklan sesuai minat serta kebutuhan pengguna.

Contohnya, ketika pengguna hendak mencari jenis-jenis motor matic, maka AdSense akan mengiklankan distributor motor matic.

Syarat-Syarat Adsense Youtube

  1. Memiliki 1000 subscriber

Memiliki 1000 subscriber di Youtube itu mudah atau sulit ya? Kalau menurut statistiknya sih, 1000 hanya sebagian kecil dari total pengguna Youtube di dunia yang mencapai 1.8 miliar.

Lalu bagaimana dong caranya memperoleh 1000 subscriber?

Caranya susah-susah gampang. Susah karena harus membuat konten yang original dan menarik secara konsisten, gampang karena kamu akan terbiasa jika sudah mencobanya.

Angka subscriber ini tentunya berpengaruh juga terhadap viewer. Bahkan bisa jadi jumlah viewer lebih besar daripada subscriber.

Nah, untuk mewujudkan itu semua, kamu harus memaksimalkan materi dari content Youtube. Percaya deh, konten-konten yang berkualitas akan membuat viewermu bertahan dan mengeklik tombol subscribe.

  1. Akun terverifikasi oleh pihak Youtube

Verifikasi pada Youtube sangat penting bagi pemiliki channel yang ingin mengupload video berdurasi panjang. Minimal durasi panjang yang membutuhkan verifikasi mencapai 15 menit. Cara verifikasinya cukup mudah, yakni:

Pertama, pada bagian upload video, klik tulisan “increase your limit”

Kedua, pilih salah satu dari dua metode verifikasi (melalui pesan suara dan pesan teks)

Ketiga, masukkan kode verifikasi yang telah didapatkan pada kotak yang tersedia

Keempat, klik submit

Kelimat, apabila proses verifikasimu berhasil maka akan muncul tulisan “partner verified”

adsense youtube adalah

  1. Tidak spam

Sebenarnya bentuk spam seperti apa yang dapat mempengaruhi pengajuan AdSense ke Youtube?

Jawabannya adalah spam komentar dan spam video

Sebentar, sebentar… Kamu pasti berpikir, bagaimana kamu bisa mengendalikan komentar dari para viewer? Sementara selama ini, mereka bebas berkomentar apa saja di channelmu.

Nah, hal inilah yang patut untuk diperhatikan. Ternyata selama ini Youtube melakukan penilaian terhadap channelmu. Mereka bisa otomatis mendeteksi bila ada yang tidak wajar di channelmu.

For your information, Youtube juga tidak akan mengintervensi video-video yang cenderung bersifat spam. Indikator spamming yang dipegang oleh Youtube adalah konten yang diproduksi secara berulang, berlebihan serta tidak tertarget. Selain itu, Youtube tidak akan tinggal diam pada konten video yang melakukan hal-hal berikut ini:

  • video yang mengarahkan penonton untuk keluar dari situs
  • mendapat klik dari video yang berisi janji pada penonton bahwa mereka akan memperoleh uang dengan cepat
  • mengarahkan viewer pada situs-situs berbahaya yang dapat menyebarkan informasi pribadi serta membayakan sistem tertentu dengan virus

Wah lumayan banyak ya kriteria video spamming dari Youtube. Kamu bisa kan membuat konten original yang bermanfaat bagi khalayak umum? Kalau bisa, maka 1000 subscriber bisa jadi perkara mudah.

  1. Memiliki jumlah penonton mencapai 4000 viewer selama 12 bulan

Jumlah tayangan atau biasanya disebut view sangat berpengaruh pada AdSense. AdSense hanya akan disetujui apabila viewer dari channelmu sudah mencapai 4000. Itupun harus tetap konsisten selama 12 bulan.

Wah ternyata membuat channel youtube yang bisa menghasilkan uang juga harus menunggu dengan sabar ya!

Tapi tenang, kata orang cara termudah untuk mencapai tahapan ini adalah dengan rutin memposting video berdurasi panjang secara konsisten. Semoga berhasil!

Cara Mendaftar AdSense Youtube

Setelah membaca syarat-syarat AdSense pada Youtube, kini saatnya mendaftarkan channelmu pada Youtube AdSense. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan channel Youtubemu sudah terverifikasi
  2. Cobalah untuk mengunggah sebuah video yang berdurasi lebih dari 15 menit
  3. Masuklah ke creator studio
  4. Kemudian pilih channel
  5. Klik enable pada pilihan monetization
  6. Pada halaman selanjutnya, klik enable My Account
  7. Berilah centang pada pada semua kotak aturan dan klik I accept
  8. Centanglah lagi semua pilihan dalam kota Monetize my videos dan klik Monetize
  9. Status dari videomu telah termonetize

Untuk menghubungkan Youtube ke akun Google Adsense, maka kau perlu melakukan klik Link my account. Langkah ini sangat penting agar iklan pada video milikmu dapat diuangkan.

Langkah selanjutnya adalah klik menu sign in dan pilih negara tempat tinggalmu. Lalu klik continue. Lanjutkan dengan mengisi form data diri secara jujur. Langkah terakhir adalah send my application.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, tunggulah email dari Google AdSenses yang mengabarkan tentang akunmu. Email ini akan dikirim selang beberapa jam dari proses pendaftaran.

Selamat mencoba!

Jenis-Jenis Iklan yang ditawarkan oleh AdSense Youtube

Berikut ini jenis-jenis iklan dengan urutan dari yang terbanyak menghasilkan uang hingga yang paling sedikit.

1. Non-Skippable In Stream Ads

Iklan jenis ini adalah iklan yang berdurasi sekitar 15 s.d 20 detik. Bisa muncul pada permulaan, tengah dan akhir dari video. Hal yang menjadikan iklan jenis ini istimewa adalah desainnya yang anti-skip atau tidak bisa diabaikan oleh para viewer. Jadi, bila para viewer ingin menonton lanjutan video, maka ia harus menunggu iklan sampai selesai tanpa bisa mengabaikannya.

Iklan jenis ini memberikan pendapatan paling besar diantara jenis iklan lainnya. Namun kelemahannya adalah, kamu bisa kehilangan viewer dari video di channelmu. Hal ini terjadi bila para viewer tidak sabar ketika ada iklan yang tidak bisa di-skip.

Cara mengaktifkan iklan jenis ini adalah dengan mengajukan formulirnya pada pihak AdSense. Kemudian, akunmu akan mengalami peninjauan selama satu minggu hingga satu bulan.

2. Iklan Bumper

Iklan ini hampir sama dengan non-skippable in stream yang tidak bisa diskip. Bedanya adalah durasi waktu yang lebih singkat yakni hanya 6 detik saja.

3. TrueView In-Stream Ads

Iklan TrueView In-Stream Ads adalah iklan yang bisa diletakkan di awal maupun di tengah video. Berbeda dari iklan sebelumnya, iklan ini memungkinkan para viewer Youtube untuk mengeklik tombol skip setelah lima menit iklan berjalan.

Creator akan mendapat uang apabila iklan ditonton selama kurang lebih 30 detik. Jangan khawatir untuk ini, karena seringkali penonton setia dari Youtube akan membiarkan iklan berjalan selama 30 menit atau bahkan hingga selesai.

4. Overlay In-Video Ads

Jenis iklan ini hanya akan muncul pada dekstop dan laptop. Biasanya berukuran 468×60 pixel atau 728×90 pixel. Bentuknya bisa berupa gambar atau tulisan saja.

Seringkali muncul pada titik 15 detik dan bisa ditutup bila tidak diinginkan.

Iklan ini dihitung berdasarkan klik dari pengunjung.

5. Display Ads

Satu lagi jenis iklan yang hanya muncul pada dekstop dan laptop, yakni display ads. Iklan ini muncul pada bagian pojok kanan atas berukuran 300×250 atau 300×60 pixel.

Iklan ini juga dihitung berdasarkan klik dari pengunjung. Semakin banyak pengunjung yang tertarik dan mengeklik, semakin banyak pula uang yang akan didapatkan pemilik channel.

Cara Menonaktifkan akun AdSense Yuotube

Apakah kamu diprotes para penonton channelmu karena memasang iklan terlalu banyak? Atau, kamu ingin meningkatkan view dengan sebisa mungkin membuat penonton nyaman tanpa menyertakan iklan?

Hmmm, dilematis memang kalau sudah menyangkut ketidaknyamanan penonton karena memasang iklan. Namun, kalau itu sudah menjadi pilihanmu, cara menonaktifkan AdSense Youtube adalah sebagai berikut:

  1. Masuklah ke Youtube (Log in)
  2. Klik gambar profil
  3. Youtube Studio
  4. Pilihlah video pada menu sebelah kiri
  5. Kemudian pilihlah video yang hendak dihilangkan iklannya
  6. Klik menu di sebelah kiri
  7. Klik monetisasi
  8. Pada bagian atas kotak, klik Nonaktif, lalu Terapkan
  9. Klik simpan

Nah, kamu sudah berhasil menonaktifkan iklan pada salah satu videomu. Kalau kamu hendak mencoba menonaktifkan AdSense pada video yang lain, tinggal ulangi langkah-langkah diatas.

Apakah kamu masih bingung bagaimana cara mengoptimasi channel Youtube ?

Eits, jangan khawatir, serahkan pada kami ahlinya.

Kami telah berpengalaman mengelola puluhan channel Youtube. Channel-channel tersebut berhasil meraup ratusan juta rupiah tiap bulannya.

Niche yang kami kerjakan juga beragam, mulai dari tema otomotif hingga enterpreunership.

Tanpa disadari, channel Youtube kami menjelma menjadi aset digital yang menjanjikan.

Nah, jika kamu berminat untuk mengetahui rahasia kesuksesan kami, maka

Ikutilah Workshop Youtube dan Aset Digital

yang akan diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia. Tim kami akan memberikan pelayanan serta bimbingan hingga channel milikmu berhasil menghasilkan jutaan Rupiah.

So, tunggu kedatangan kami di kotamu!

 

Search related to adsense youtube adalah

syarat adsense youtube 2019

youtube adsense earnings

cara daftar adsense youtube 2019

youtube adsense rules

syarat monetisasi youtube 2019

youtube adsense requirements

daftar google adsense

syarat monetize youtube [/sociallocker]