Apa itu SEO dan Bagaimana Memilih Jasa SEO atau Kursus SEO Yang Tepat?

12 min read

NURJAYA

Punya niat bangun usaha secara online? Entah kamu ingin membuat toko atau buka jasa, bisnis yang kamu bangun jadi lebih berkembang dengan menggunakan online marketing melalui blog atau website. Itu artinya, kamu bakalan butuh Jasa SEO profesional.

Bayangin, toko kamu bakalan dilihat, dikenal, juga bahkan punya potensi besar untuk dinikmati oleh seluruh konsumen dari segala penjuru dunia. Nah, apa sih hubungannya Jasa SEO dengan bisnis yang kamu bangun? Yuk, pelajari dulu kenapa di era saat ini, SEO jadi hal penting buat merubah masa depan kamu.

Apa itu SEO?

Seperti yang kamu tahu sendiri, SEO adalah Search Engine Optimization. Dalam bahasa Indonesia adalah Optimasi Mesin Pencari. Jadi, SEO ini dikenal sebagai teknik yang kamu butuhkan supaya bisnis online dari blog atau website yang kamu buat bisa muncul secara mudah di mesin pencari. Misalnya, bisnis atau web berita yang kamu buat bisa muncul di Google, Yahoo, Bing, atau lainnya.

Neil Patel menyebutkan bahwa SEO adalah proses yang dibutuhkan supaya konten online yang kamu buat bisa disukai oleh mesin pencari. Jadi, karena konten yang kamu buat menarik, sesuai dengan standar, maka konten tersebut bakalan tampil di halaman terdepan Google ketika pengunjung mengetik kata kunci tertentu yang relevan dengan kontenmu. Terus, intinya jasa SEO itu ngapain?

Jadi, kalo ngomongin jasa SEO, maka kamu bakalan ngomongin jasa yang bisa bantu kamu untuk mencari proses terbaik supaya website atau blog kamu, termasuk seluruh konten didalamnya bisa muncul di halaman mesin pencari dengan trafik yang organik atau alami.

Belajar SEO – Mengapa SEO Itu Penting?

SEO menyuguhkan tiga manfaat utama yang menjadi Cara Kerja SEO, yaitu:

1. Bikin blog atau website yang kamu buat punya visibilitas yang lebih baik (SERP)

2. Bikin blog atau website jadi lebih rame, karena SEO dapat meningkatkan traffic.

3. Mampu meningkatkan penghasilan buat owner toko online dan publisher (Google Adsense), dan lainnya.

Nah, sekarang kamu udah tahu gambaran umum tentang apa itu SEO sampai gimana cara kerjanya. Bahkan, kamu juga udah paham dong kenapa sih SEO itu penting buat siapapun yang membangun website. Sekarang, kamu juga harus tahu lebih dalam tentang SEO, terutama jenisnya yaitu On-Page dan Off-Page.

CATATAN:

SERP singkatan dari Search Engine Results Page yang artinya adalah halaman yang ditampilkan oleh mesin pencari dalam menanggapi permintaan oleh pengguna. Komponen utama dari SERP adalah daftar hasil yang dikembalikan oleh mesin pencari dalam menanggapi permintaan kata kunci.

SEO On-Page Itu Apa?

SEO On-page adalah teknik dalam SEO yang langsung diaplikasikan di website yang sudah kamu buat. Jadi, teknik tersebut emang khusus dilakukan 100% ke website milik kamu. Nah, gimana sih caranya biar website kamu punya SEO On-page yang baik.

Terus, seperti apa SEO On-Page yang baik? Dua kunci utama yang harus kamu perhatikan kalau sudah ngomongin topik yang satu ini adalah kualitas dan relevan. Tanpa kedua hal tersebut, apakah mungkin jika blog yang kamu buat bisa muncul di peringkat pertama mesin pencari? Nggak bakalan! Jadi, dua hal ini harus kamu pegang ya!

Nggak cuman itu, kamu juga harus tahu apa saja 10 hal yang harus kamu perhatikan supaya blog atau website yang kamu bangun punya SEO On-page yang baik, sebagaimana berikut:

1. Pakai Permalink Yang Sederhana

Permalink yang sederhana jadi hal yang paling penting, kenapa? Pasalnya, dengan permalink yang simple, mesin pencari akan lebih mudah untuk mengidentifikasi seperti apa topik yang kamu bahas. Nggak cuman itu, tapi kamu juga bisa memperhatikan fokus keyword yang sesuai dengan blog.

Misalnya, kamu ingin membuat blog bisnis online atau blog untuk Google Adsense tentang sepatu. Jadi, idealnya permalink yang harus dibuat adalah:

www.websitebisnis.com/jual-sepatu-murah

Untuk pengguna WordPress, permalink biasanya muncul secara default seperti berikut:

www.websitebisnis.com/2020/04/judul-artikel

Nah, gimana sih cara merubah hal tersebut secara manual? Kamu harus masuk ke Dashboard WordPress, dan lakukan hal berikut:

Pilih Settings > Permalink > Post Name > Save

Cara ini cara yang paling simpel biar website punya permalink yang lebih mudah dan bisa dikenal oleh Google atau mesin pencari lain.

2. Perhatikan Konten

Buatlah judul yang menarik supaya para pengunjung penasaran dengan konten yang kamu buat. Soalnya, tiap pengguna internet pasti akan mengetik kata kunci di mesin pencari. Itulah kenapa, pastikan bahwa judul dan juga deskripsi benar-benar sesuai dengan harapan pengunjung.

Misalnya, kamu bisa menambahkan angka di depan judul yang kamu buat biar konten terasa lebih fresh dan menarik. Misalnya kayak gini:

  • 10 Cara Bikin Mantan Baper Minta Balikan! (Jangan baper deh baca judulnya)
  • 10 Jenis Bisnis Online yang Bisa Dilakukan Siapapun di Rumah!

Bahkan, dilansir dari Content Marketing Institute, setiap judul konten yang dibuat dengan tambahan angka akan memberikan peningkatan pengunjung hingga 45% loh! Nggak nyangka, kan efeknya?

Nah, gimana dong kalo misalnya judulnya nggak enak banget dengan tambahan angka? Ya sebaiknya jangan dipaksa, kenapa? Pastikan bahwa judul kamu itu terdengar senatural mungkin. Ada banyak kok cara buat bikin judul yang menarik pembaca. Misalnya dengan bikin judul seperti ini:

  • Cara Membuat Blog Bisa Earning Jutaan Rupiah, Yuk Baca!
  • Pengen Bisnis Online Modal Dikit? Bisa Banget Kok!

3. Gambar atau Video

Buat kamu yang pengen Belajar SEO, hal lainnya yang harus diperhatikan adalah membuat konten yang dilengkapi dengan video, gambar, atau seperti infographic. Kenapa sih ini jadi hal yang cukup penting? Ya, gambar atau jug video bikin konten jadi lebih menarik dan nggak boring.

Hal ini disampaikan langsung oleh Vidyard loh, bahwa artikel dengan tambahan video punya potensi buat tampi di Google, halaman terdepan dengan peluang 53 kali lebih besar dibandingkan artikel yang nggak lengkap tanpa gambar atau video.

4. Pastikan Optimasi Gambar

Setelah tambahin gambar buat konten yang kamu buat, berikutnya pastikan bahwa konten kamu punya SEO on page yang lengkap yaitu dengan memperhatikan gambar.

Gambar yang kamu tambahkan harus punya ukuran yang jangan terlalu besar, mengapa? Pasalnya, gambar yang terlalu besar bikin loading website sedikit lambat. Pastikan bahwa gambar nggak lebih dari ukuran 100 KB.

Terus gimana dong kalo gambarnya kebesaran? Nggak masalah, kamu bisa kok kompress ukuran gambar dengan menggunakan ILoveIMG, atau layanan lainnya yang bisa mengecilkan ukuran gambar tanpa merusak kualitasnya. File gambar juga harus diberi nama yang sesuai dengan keyword atau kata kunci yang kamu bidik.

Terakhir, pastikan pula bahwa kamu juga mengatur pada bagian alt text. Pastikan bahwa ada kata kunci yang terletak disana. Fungsi ini penting supaya Google juga bisa mengidentifikasi topik apa yang kamu bahas pada konten. Alt text juga penting supaya gambar lebih mudah muncul di hasil pencarian Google.

Cara mengubah bagian alt text ini juga tergolong gampang kok. Caranya, klik gambar yang kamu inginkan, lalu perhatikan pada bagian samping kanan. Akan tampak pengaturan, terutama di bagian alt text yang bisa kamu ubah. Masukkan focus keyword yang kamu inginkan, atau juga bisa diisi dengan keyword turunan.

5. Perhatikan Heading dan Subheading

Konten jadi lebih mudah dibaca oleh para pembaca dengan adanya struktur konten yang benar-benar gampang dipahami. Nah, salah satu hal penting yang harus kamu lakukan adalah dengan menambahkan heading dan subheading.

Apa sih fungsinya heading dan subheading? Fungsinya tak lain adalah untuk memecah artikel. Jadi, para pembaca akan mendapatkan informasi yang lengkap karena kamu menggunakan heading dan subheading untuk membahas satu topik, namun dalam poin yang berbeda.

Heading dan subheading juga sangat ampuh untuk membantu supaya Google juga lebih mudah memahami konten yang kamu buat. Gunanya heading adalah supaya search engine bot bisa melakukan crawling pada konten. Sederhananya, dari heading dan subheading ini nanti bakalan kelihatan apa sih pokok bahasan pada konten yang kamu buat. Nah, jangan lupa juga untuk memasukkan focus keyword atau keyword turunan pada masing-masing heading.

6. Perhatikan Peletakan Focus Keyword

Focus keyword juga nggak bisa diletakkan secara sembarangan. Disamping kamu harus benar-benar memperhatikan seperti apa meletakkan keyword secara natural, kamu juga harus mengetahui bahwa focus keyword harus benar-benar clear loh. Jadi, letakkan focus keyword yang sudah kamu riset di 100 kata pertama pada paragraf awal.

Jadi, nggak cuman di judul keyword harus muncul. Tapi, ciptakan tulisan yang baik yang bisa langsung bikin pembaca bisa menemukan konten sesuai dengan yang dicari langsung dengan menambahkan focus keyword dari awal. Konten yang kamu buat juga terkesan langsung menjawab kebutuhan pembaca, nggak basa-basi pokoknya.

Problemnya adalah, gimana kalo focus keyword yang pengen kamu letakkan di 100 kata pertama konten kamu justru malah kayak maksa banget? Lagi, Google itu suka yang natural. Kalo memang terkesan memaksa, sebaiknya nggak usah dipaksain. Kamu nggak harus kok menaruh focus keyword di bagian paragraf utama.

7. Website Harus Responsif

Website yang responsif itu seperti apa sih? Jadi, website yang mudah diakses di berbagai perangkat tanpa loading lama itu disebut sebagai website yang responsif. Itu artinya, berbicara responsif nggaknya website yang kamu buat, tentu dipengaruhi dengan tema website yang kamu gunakan. Pastikan bahwa tema itu sesuai untuk website ketika di buka di tablet, desktop, komputer, atau perangkat lainnya.

Nah, buat kamu yang pakai tema WordPress, nggak semua tema yang ada disitu responsif loh. Dalam hal ini, dibutuhkan ketelitian terlebih dahulu. Apalagi, Google punya kriteria mobie first indexing. Itu artinya, Google Mobile First Index menginginkan semua website agar dapat diakses dengan mudah melalui mobile.

8. Outbound Link

Konten juga harus didukung dengan adanya outbound link, loh. Minimal dibutuhkan satu link outbound yang mengarah ke website lain. Kendati demikian, bukan berarti outbound link ini adalah website yang kamu buat secara asal-asalan. Outbound link ini dibutuhkan buat website yang bisa dijadikan sebagai rujukan informasi konten yang kamu suguhkan.

Fungsinya apa sih outbound link? Maksudnya adalah untuk menunjukkan bahwa sumber informasi yang kamu suguhkan di konten tersebut didukung oleh sumber informasi yang terpercaya. Jadi, outbound link sebaiknya diarahkan pada website dengan reputasi yang baik pula.

9. Internal Link

Berbeda terbalik dengan outbound link, internal link ini fungsinya adalah link yang mengarah pada konten lain yang ada didalam website kamu. Tautan ini penting loh supaya para pembaca bisa membaca informasi yang relevan, dari satu konten ke konten lainnya yang ada di postingan website kamu.

Internal link bahkan juga dibutuhkan untuk bantu Google supaya bisa lebih mudah memahami apa sih hubungannya satu konten dengan konten lainnya yang ada di website. Google suka dengan website yang punya konten yang terkait satu sama lain.

10. Perhatikan Kecepatan Website

Apa pentingnya kecepatan website? Jangan dianggap remeh karena loading website yang terlalu lambat bikin pengunjung frustrasi dan akhirnya kapok balik lagi ke website kamu. Sama seperti warung, kalo semakin lama pelayanannya, dijamin nggak bakalan ada pelanggan yang betah berlama-lama disana.

Gimana caranya memeriksa kecepatan website? Ada beberapa tools yang bisa digunakan yang bisa kamu cari di Internet. Nah, terus gimana caranya tahu bahwa kecepatan website tersebut lambat atau cepat? Gampang kok. Standar website yang cepat adalah jika loading website tersebut kurang dari 5 detik.

Sebaliknya, kalo kecepatan loading website kamu lebih dari 5 detik, maka kamu harus mempercepat loadingnya. Pasalnya, Google telah melakukan riset yang menemukan bahwa sekitar 53% pengunjung website bisa kabur kalau loadingnya lebih lama dari 3 detik.

11. LSI Keyword

Focus keyword memang harus sering diulang sekian kali ketika kamu sedang menulis konten. Kendati demikian, kamu nggak bisa langsung mengulang-ulang sampai berlebihan. Ingat, terlalu banyak mengulang focus keyword bikin Google menganggap ini hanya cara kamu biar website bisa punya trafik lebih, dan diangggap spam.

Itulah kenapa, kamu bisa mensiasatinya dengan menggunakan LSI keyword. Kata kunci ini punya banyak kemiripan dengan keyword utama loh. LSI juga penting karena dapat membuat konten yang kamu buat bisa muncul di Google ketika orang mengetik kata kunci yang mirip.

12. Button Share Media Sosial

Emang sih, kalau bicara tentang kualitas SEO, sama sekali nggak ngaruh ketika kamu memutuskan untuk sharing konten di media sosial. Tapi, tentu saja tombol kayak gini nggak bisa diabaikan. Media sosial bisa digunakan untuk membantu supaya kamu bisa membangun lebih banyak audiens dari berbagai platform.

Ditambah lagi, masyarakat Indonesia suka banget main medsos. Bayangin, 87% pengguna internet yang ada di Indonesia suka media sosial. Dengan rajin sharing konten di medsos, bisa dibayangin dong gimana potensi menjaring audiensnya yang cukup besar.

13. Panjang Konten Nggak Boleh Diabaikan

Dimanapun kamu Kursus SEO, pasti salah satu yang nggak bisa dipungkiri adalah kebutuhan untuk menulis panjang konten. Panjang konten jadi salah satu indikator apakah SEO on page yang ada di konten kamu udah bagus atau belum.

Untuk kamu yang menggunakan WordPress dengan plugin Yoast, mungkin udah sangat paham bahwa minimal panjang konten adalah sekitar 300 kata. Tapi, jangan karena aturan itu kamu jadi bikin konten yang sangat pendek. Nah, pastikan untuk bikin konten yang sesuai dengan kebutuhan kata kunci yang kamu targetkan. Bahkan, kamu juga harus memperhatikan sebagus mana konten yang dibuat oleh competitor.

Misalnya, konten yang kamu buat bisa sepanjang 800 kata dengan keyword A. sedangkan untuk keyword C mungkin kamu butuh sekitar 3000 kata atau lebih. Konten juga harus diatur dalam hal panjang kata. Jika kompetittor hanya mampu membuat 1000 kata, bikin konten yang lebih lengkap lagi yang bisa menjawab pengunjung yang punya banyak pertanyaan dari A sampai Z.

14. Konten Harus Berkualitas

Nggak cuman jumlah kata yang harus kamu kejar, tapi perhatikan juga bagaimana sih cara bikin konten yang berkualitas. Kualitas konten ini sangat penting karena bikin pengunjung juga nyaman baca informasi yang kamu tuang didalamnya.

Konten yang berkualitas itu adalah konten yang bisa menjawab kebutuhan pembaca. Misalnya, kalo kamu bikin konten tentang apa itu SEO, pastikan bahwa seluruh informasi dari awal sampai akhir konten membahas tentang SEO aja. Jenisnya, fungsinya, caranya, dan lain sebagainya.

15. Link Open in New Tab

Emang sih, terkesan sepele banget kalo membuka link di new tab atau tab baru. Tapi, Tahukah kamu kalo cara ini bisa jadi cara efektif buat meningkatkan kualitas pengalaman berkunjung para pembaca di website kamu loh. Jadi, cara ini tergolong penting.

Misalnya, kamu punya empat link aktif yang ada dalam satu artikel. Nah, jangan sampai bikin pembaca jadi gemes sendiri karena harus bolak balik tekan tombol back supaya bisa kembali ke konten awal. Untuk  pengguna WordPress, cara yang harus dilakukan adalah dengan merubahnya secara manual di bagian pengaturan link.

16. Meta Description

Untuk pengguna WordPress, SEO On Page yang terakhir dan nggak kalah pentingnya adalah dengan memperhatikan Meta Description. Apa sih Meta Description? Meta Description adalah deskripsi yang bakalan muncul tepat di bawah judul ketika Google menampilkan hasil pencarian. Agar Google bisa menampilkan konten yang kamu buat dengan mudah, pastikan untuk menambahkan Meta Description dengan keyword atau kata kunci.

Nah, sekarang kamu jadi tahu kayak gimana sih bikin website dengan panduan On Page ala team Konsultan SEO kami. Buat kamu yang pengen tahu lebih banyak, kamu bisa kok menghubungi kami lebih lanjut.

Kenapa SEO Off-Page Mending Dikerjain Jasa SEO

Kalau SEO On Page adalah teknik yang kamu gunakan untuk menjaring lebih banyak traffic dengan prioritas pada blog dan konten, hal berikutnya yang wajib kamu tahu adalah SEO Off Page.

Apa sih SEO Off Page?

Jadi, kamu harus memperhatikan beberapa hal di luar website atau konten yang sudah kamu buat. Artinya, sebagai pemilik blog kamu harus mengoptimasi bagian lain supaya ada pengunjung yang mau masuk ke website kamu. Caranya tak lain adalah dengan menyediakan banyak link dan sebar di Sosial Media, mulai dari Pinterest, Facebook, Twitter dan sumber lainnya.

Hal lainnya yang harus kamu lakukan juga adalah dengan bikin blog khusus atau fan page. Fungsinya adalah supaya kamu bisa menggiring banyak pengunjung untuk menuju ke web utama yang sudah kamu buat. Artinya, pastikan kamu punya banyak  eksternal link yang akan membawa pengunjung supaya mengunjungi web tersebut.

Apa saja sih hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk SEO Off Page website yang kamu punya? Berikut beberapa hal yang harus kamu coba:

1. Pastikan Ada Backlink Berkualitas

Apa hubungannya sih SEO Off Page dengan backlink?

Kualitas backlink sangat tergantung dari sumber kamu menempatkan tautan yang mengarah ke website yang kamu buat. Itu artinya, backlink yang kau tanam harus blog atau website yang sudha punya rank lebih tinggi dengan pengunjungnya yang sangat kuat.

2. Tambahkan Anchor Text di Backlink

Kalo sudah menemukan backlink yang berkualitas, kamu juga harus tahu gimana sih cara anchor dari link yang sudah ditanam tadi. Banyak yang mencari backlink dengan menggunakan keyword atau kata kunci untuk anchor.

Untuk memulai, pastikan jika link yang kamu tanam mengarah ke website kamu terlebih dahulu. Kalau homepage yang kamu punya sudah populer, maka arahkan pada artikel yang kamu inginkan. Sampai disini, kamu mungkin juga membutuhkan bantuan profesional, yaitu seperti Jasa Backlink.

3. Perhatikan Juga Jumlah Backlink

Peran backlink juga sangat penting buat bikin volume pengunjung blog bisa meningkat. Nah, tapi boleh nggak sih kalo backlink jumlahnya ditambah dengan sangat banyak?

Tentu, backlink yang mengarah ke website kamu harus memadai jumlahnya. Jumlahnya yang banyak bahkan nggak sebegitu penting sih. Tapi, perhatikan juga kualitas backlink. Backlink yang sedikit itu jauh lebih baik dengan kualitas yang benar-benar bisa kamu perhatiin loh.

4. Backlink Bervariasi

Backlink yang pengen kamu tambahkan juga nggak bisa asal ditambahin gitu aja. Pasalnya, blog atau website yang kamu tanam backlink akan mendapatkan penilaian dari Google. Kalo asal-asalan, pasti bakalan bikin Google nggak suka.

5. Reputasi

Informasi yang satu ini berkaitan dengan SEO On-Page. Reputasi sosial berarti sejauh mana popularitas website yang kamu buat di sosial media. Itu artinya juga berkaitan dengan jumlah komentar, share, dan juga like dari pembaca di media sosial.

Itulah mengapa, jika kamu punya blog yang bereputasi tinggi atau sangat baik, kamu nggak bakalan butuh lagi Tutor SEO Volume. Karena kamu sudah punya pengunjugn yang loyal yang bakalan merasa nggak nyaman kalo nggak baca informasi atau konten yang ada di website kamu.

Panduan Belajar SEO

Butuh Jasa SEO? Ini Loh Panduan Sebelum Beli

Buat kamu yang punya rencana untuk beli Jasa SEO Jakarta di toko kami buat bangun website, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dulu loh. Berikut panduan yang harus kamu baca biar nanti merasa nyaman:

1. Jasa SEO Pun Nggak Jamin Hasil yang Instan

Bukan berarti setelah kamu beli jasa SEO dengan bantuan tim kami, website yang kamu bangun langsung melonjak visitornya dalam sekejap mata. Ya, optimasi SEO untuk bangun website itu butuh proses. Jadi, kamu nggak bisa langsung minta hasil yang langsung jadi, atau langsung instan.

Berbicara tentang SEO itu adalah jangka yang panjang sehingga kamu juga harus tetep bersabar buat menunggu hasilnya. Mengapa hasilnya bisa lama? Pastinya, ada beberapa faktor yang nanti sangat mempengaruhi hasil optimasi blog, beberapa diantara adalah berikut:

  • Kompetisi blog
  • Perubahan algoritma Google
  • Konten yang kurang berkualitas
  • Struktur website masih butuh perbaikan
  • Dan lainnya

Terus gimana dong? Kuncinya tak lain adalah dengan menunggu. Apalagi, jasa SEO yang bisa kamu cari biasanya dibayar secara bulanan. Itu artinya, kamu sudah bisa kok melihat perkembangan blog yang kamu bangun setelah beli jasa SEO itu dalam waktu dua atau enam bulan setelah dioptimasi.

Bagaimana dengan hasilnya? Bisa instan nggak sih hasilnya? Loh, jangan salah. Hasil yang bisa kamu nikmati juga sangat mungkin bisa instan. Ini bisa terjadi, kenapa? Kemungkinan besar website yang kamu bangun memang hanya memiliki competitor yang kecil. Jadi, dengan persaingan yang rendah, sangat mungkinb agi website kamu untuk bisa nangkring di halaman pertama Google.

2. Pikirkan Apa Yang Ingin Kamu Optimasi

Pastikan dari awal, sedini mungkin, kamu tahu apa sih yang pengen kamu rangking di halaman Google. Nah, ini adalah rencana yang sangat penting. Jadi, kalo bikin website, nggak boleh asal-asalan.

Pertama, tentukan apa yang ingin kamu bangun. Apakah kamu ingin membangun produk jualan, artikel pada niche atau topik tertentu? Atau, kamu pengen membangun blog untuk menawarkan jasa?

Terus gimana dong dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan? Perhatikan pula seperti apa sih jasa atau produk yang kamu jual tersebut. Perhatikan seperti apa proses penjualannya dan target konsumen, entah itu lokal atau nasional. Terakhir, tanyakan terlebih dahulu pada diri sendiri apakah jasa atau produk tersebut memang adalah hal yang spesifik.

Misalnya, tim kami punya jasa SEO dan jasa backlink PBN. Usaha ini sudah berjalan sekian tahun di kota yang ada di seluruh Indonesia. Maka jangan sampai kamu salah menentukan target keyword. Adalah kurang tepat jika target keyword yang kamu bidik adalah Jasa SEO PBN, melainkan ‘Jasa SEO PBN di Indonesia’.

Untuk kamu yang pengen jualan Backlink, apa produk khusus yang kamu sediakan? Kamu bisa menggunakan keyword seperti ‘Jual jasa backlink PBN’. Sedangkan untuk kamu yang jualan barang untuk bisnis online, misalnya adalah sepatu, juga penting untuk memperhatikan barang yang kamu jual.

Seperti contoh, kamu bisa membuat toko dengan target kata kunci “Jual sepatu murah anak dan dewasa”, karena sifatnya lebih spesifik. Jadi, semakin spesifik yang kamu buat kata kuncinya, maka akan semakin mudah bagi Google untuk menampilkan blog kamu sebagai pilihan yang pertama di halaman Google.

3. Perhatikan Reputasi Penyedia Jasa SEO

Penyedia jasa menjadi hal yang sangat penting kamu cermati. Pastikan apakah penyedia jasa tersebut punya reputasi atau track record yang dapat dipercaya atau tidak. Gimana cara cek reputasi tim kami sebagai penyedia jasa SEO dan PBN terpercaya? Gampang kok. Kamu bisa menggunakan cara-cara berikut:

  • Tanya langsung dengan pengalaman pengguna jasa kami di grup.
  • Tanya pengalaman dari teman kamu yang sudah pernah pesan di tim kami.
  • Cek testimony pelayanan yang kami berikan di website.

4. Tanyakan Layanan Jasa SEO

Jangan sungkan untuk tanya langsung di tim kami tentang layanan apa saja yang tersedia di jasa SEO yang kami dirikan. Kamu bisa mencari informasi lebih lanjut seperti konten, backlink, edit website, dan lainnya.

5. Buat Perjanjian Yang Jelas Dengan Jasa SEO

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan ketika kamu ingin beli jasa SEO adalah dengan membuat perjanjian yang jelas. Sebagai Jasa SEO Surabaya yang berpengalaman, hal seperti ini sudah kami siapkan sejak awal. Namun, kami juga nggak keberatan untuk mendengar lebih lanjut kok tentang seperti apa permintaan yang ingin kamu tawarkan, misalnya seperti garansi atau lainnya.

Nah, kalo kamu bisa menemukan banyak informasi tentang SEO Off Page, On Page, dan Panduan beli di Jasa SEO, terus penting ga sih kamu tahu lebih lanjut tentang Backlink PBN?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *